Source: https://caramembuat524.blogspot.co.id/2014/01/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html
Wednesday 6 January 2016


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Karang Taruna untuk pertama kalinya lahir pada tanggal 26 September 1960 di Kampung Melayu, Jakarta. Karang Taruna membantu membuka lapangan kerja / usaha seperti pengisian waktu luang yang positif seperti olah raga, kesenian, pramuka, pendidikan agama. Sesuai dengan tingkat kemampuan dan kondisi daerah.

Sejarah Karang Taruna
1.      Dimasa kelahiran dimulai Pelita 1960 - 1969 dimana Bangsa Indonesia mulai melaksanakan pembangunan disegala bidang
2.      Dimulai Pelita hingga masuk GBHN 1969 – 1983

a.    Tahun 1970 Karang Taruna membentuk Mimbar Pengembangan Karang Taruna
b.    Tahun 1980 dilangsungkan Musyawarah Kerja Nasional
c.    Tahun 1982 ditetapkan Lambang Karang Taruna
d.    Tahun 1983 Majelis Permusyawaratan Rakyat mengeluarkan TAP MPR Nomor II / MPR / 1983 tentang Garis Besar Haluan Negara menempatkan Karang Taruna sebagai wadah pengembangan Generasi Muda

Generasi Muda merupakan Generasi Penerus Bangsa yang harus dibina dilatih serta diarahkan kepada hal - hal positif yang dapat menumbuhkan kesejahteraan social dalam suatu lingkungan. Terbentuknya Organisasi Karang Taruna diharapakan dapat menjadikan suatu lingkungan lebih produktif dalam memperoleh kesejahteraan social.

MOTO

‘ Berkarya, Berprestasi dan Mandiri “.





B.Profil Narasumber
Karang Taruna Kec. Padang selatan Dipimpin Oleh seorang pemuda yang berprofesi sebagai dosen Di STMIK Indonesia Padang, beliau merupakan lulusan S2 jurusan pendidikan Teknik Informatika Di UNP (Universitas Negeri Padang).Pria yang tinggal Di Jl. Sultah Syahril No 268d ini bernama Ilham tri Maulana, beliau pernah berkicembung dalan Organisasi KNPI.

BAB II
ISI
Pertanyaan wawancara
1.      Model  kepemimpinan seperti apa yang diperlukan untuk memimpin sebuah ORGANISASI?
Jawaban: “tergantung kepada pemimpinya karena, pemimpin terdiri dari 3 bagian:
1. Otocratic
2.Laize faire
3.Demokratic
Untuk sebuah Organisasi kemasyarakatan maka yang cocok adalah democratic,semua orang berhak untuk memukakan pendapatnya dan pemimpin berhak mendengarkan yang diusulkan oleh anggotanya”.

2.      Kompetisi apa yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan sebuah Karang Taruna saat sekarang dan kedepanya?
Jawaban: “Yang diperlukan adalah kepedulian, karna kalau seorang pemimpin tidak ada kepedulian ini menunjukkan bahwa tidak ada karakter pemimpinanan yang menunjukkan kemasyarakatan, apalagi ini organisasi karang taruna yang berhubungan dengan organ fisik disetiap bidang kepemudaan jadi kompetensinya adalah harus memiliki sifat peduli”.

3.      Apakah diperlukan berpikir strategis oleh seorang pimpinan untuk mengelola sebuah di era global?
Jawaban:”Menurut saya ya,karna kalau tidak berfikir strategis maka tidak ada pola, tidak ada kepemimpinan dari seorang pemimpin untuk menjalankan sebuah organisasi,hebatnya pemimpin juga terletak dari pada strategi yang ia rencanakan dan dilaksanakan”.

4.      Manajerial seperti apa yang dibutuhkan untuk pemimpin sebuah karang taruna kecamatan Padang selatan?
Jawaban:”Memiliki kepengurusan yang solit,sistim keharmonisan yang ada pada kepemimpinan dan anggota, saling keterbukaan antara satu dengan yang lainnya, adanya suatu kepercayaan dari anggota kepada pimpinan sehingga pemimpin  mampu  menjalankan organisasi”.

5.      Apakah seorang pengelola sebuah organisasi karang turuna perlu memahami tentang management keuangan?
Jawaban:”penting sekali, karena kalau tidak memahami dengan management keuangan maka dalam keadaan tertentu dia tidak bisa melakukan  proses pengaturan keuangan.

6.      Apakah seorang pengelola sebuah orgasnisasi karang taruna perlu memahami managemen strategis?
Jawaban:”Pasti ya,karena management strategis maksudnya adalah bagaimana mengatur dan menfungsikan semua kegiatan yang bersifat strategis, jadi penting sekali memahami ini karna, apapun yang menjadi dalam organisasi pemimpin atau ketualah yang akan membaca strategi –strategi apa saja yang akan dilakukan supaya tidak ada masalah – masalah diorganisasi”.

7.      Apakah diperlukan seorang pemimpin mewakili visioner dalam mengelola sebuah organisasi?
Jawaban:”Iya, karena visioner ini merupakan tujuan akhir jadi seorang pemimpin, seorang pemimpin yang tidak memiliki visioner maka ia akan menjadi pemimpin yang mengambang, tapi kalau memiliki  visi maka kita memiliki kemana arah, kemana kita ajak dan bawa organisasi yang kita pimpin”.





8.      Apakah diperlukan seorang pemimpin memiliki visi,misi dan tata nilai untuk mengelola sebuah organisasi?
Jawaban:”Perlu,karena visi merupakan tujuan akhir, misi rencana apa saja akan dikembangkan dalam jangka panjang, menengah maupun pendek, tata nilai ini maksudnya mungkin bisa mengembangkan nilai – nilai nilai organisasi dalam suau kelompok”.


9.      Apakah perlu seseorang pemimpin tidak mengembangkan nilai – nilai etika profesi dalam mengelola sebuah organisasi?
Jawaban:”perlu,karena seorang pemimpin mengembangkan nilai – nilai etika,maka organisasi tersebut tidak memiliki karakter kepada anggota organisasi yang dipimpin”.

10.    Apakah diperlukan jenjang pendidikan formal bagi seorang pemimpin sebuah organisasi karang taruna untuk masa depan pemerintahan di Indonesia ?
Jawaban:”sebenarnya ini merupakan pertanyaan yang sangat suli dijawab karena, tidak ada hubungan antara seorang pemimpin yang memiliki pendidikan formal dengan pemimpin yang memiliki pendidikan yang tidak formal, banyak daripada pemimpin kita yang secara formalitas dia tidak memiliki kemampuan tapi ketika dia memimpin organisasi tanta pendidikan banyak juga pemimpin yang sukses.

11.    Apakah perlu pengalaman yang memadai  untuk mengelola sebuah organisasi?
Jawaban:”Jelas bahwa untuk mengelola organisasi harus dikelola oleh orang yang berpengalaman, jadi ada beberapa contoh tahap yang harus dilewati oleh seseorang menjadi seorang pemimpin sebuah organisasi:
1.Pernah menjadi anggota organisasi
2.Koordinator
3.sekretasi
4.Pemimpin




12.    Bagaimana  kalau bagi yang belum ada pengalaman mengelola sebuah organisasi,apa yang harus ditempuh untuk menambah wawasan?
Jawaban:”Mengikuti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan),Lemhanas ini bemua berguna untuk menambahah wawasan seorang pemimpin sehingga ia mampu mengelola sebuah organisasi.

13.    Apakah diperlukan pendidikan khusus atau diklat untuk pemimpin sebuah organisasi karang taruna ?
Jawaban:”perlu,apakah ini merupakan organisasi sosial, karna nantinya kalau dia tidak memiliki pendidikan Khusus,akan susah memimpin organisasi”.



14.    Diperlukan skill dan manajerial seperti apa untuk memimpin  kecamatan dalam sebuah orgnisasi karang taruna?
Jawaban:”yang diperlukan adalah softskill, kemampuan komunikasi, kemampua dia berkembang, kemampuan dia beradaptasi, kemampuan managerial dimana dia bisa mengelola organisasi”.

15.    Apakah diperlukan kemampuan Communication and Realationship Management bagi pimpinan yang mengelola sebuah organisasi karang taruna?
Jawaban:”Penting sekali,karena communication intinya adalah interaksi,antara interaksi antara satu dengan yang lain adalah communication.kemudia realationship maksunya adalah menjaga hubungan internal eksternal organisasi,sehingga organisasi tersebut bisa berkembang”.

16.    Apakah di perlukan kemampuan Knowledge of The Health care Environment untuk pimpinan yang mengelola sebuah organisasi?
Jawaban:”perlu,karena ini kemampuan untuk bagaimana bisa seorang pemimpin ia peduli tentang kesehatan lingkungan, ini suatu ilmu kepemimpinan yang berperan sebagai kepedulian terhadap kesehatan lingkungan, atau ini juga bisa diartikan sebagai hubungan yang sehat denggan organisasi lainnya.


17.    Apakah diperlukan Engagement bagi seorang pemimpin bagi mengelola sebuah organisasi?
Jawaban:”perlu sekali,kalau pemimpin yang tidak memiliki Engagement maka dia bisa dibilang pemimpin yang kaku”.

18.    Apa yang motivasi diri bapak sehingga menjadi ketua karang taruna?
Jawaban:”motivasi saya:
1.Melatih bagaimana berinteraksi kepada sesame
2.sebagai wadah melatih diri untuk menjadi seorang pemimpin
3.melakukan kegiatan positif dibidang kepemudaan.
4.Mengubah pola pikir masyarakat bahwa organisasi sangat penting “.

19.    Apa kiat sukses menjadi seorang pemimpin menurut bapak?
Jawaban:”filosofi saya dalam memimpin adalah bila kita bersungguh – sungguh maka insyaallah ada kebaikan hasil dalam kita memimpin.

20.    Apa pesan moril dari bapak sebagai ketua karang tarua kec padang selatan kepada masyarakat Kecamatan Padang Selatan khususnya para pemuda supaya memiliki karakter kepribadian yang baik?
Jawaban:”marilah bersama –sama bergabung,mengembangkan diri kita secara pribadi karena apapun bentuk kesuksesan kita, kalu kita tidak terjun kedalan organisasi,kelapangan, maka uji kelayakan diri belum teruji.





BAB III
Kesimpulan
Organisasi sangat diperlukan untuk melatih sebagai uji kelayakan diri,karena untuk apa kita mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi tapi tidak pernah ikut organisasi, maka itu semua akan sia – sia  karna memiliki uji kelayakan yang buruk sebab kita belum pernah terjun kelapangan. Menjadi seorang pemimpin tidak wajib untuk mengikuti pendidikan formal, karna yang diperlukan di dalam organisasi yang penting adalah visioner,mempunyai wawasan yang tinggi, mampu mengarahkan anggotanya.















LAPORAN HASIL WAWANCARA KEPADA KETUA KARANG TARUNA KECAMATAN PADANG SELATAN
KEPEMIMPINANAN
ZIKHRI IHSAN
131100317
Dosen:H.M. Dahniel Dahlan



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKAN DAN KOMPUTER
STMIK INDONESIA PADANG
2015- 2016

0 comments:

Post a Comment