Source: https://caramembuat524.blogspot.co.id/2014/01/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html
Sunday 3 January 2016

MAKALAH SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN MINIMARKET


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Salah satu tujuan pendidikan tinggi di Indonesia adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknlogoi dan kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Sekarang, perguruan tinggi (PT) sebagai penyelenggaranya telah dan sedang mengalami perubahan paradigma, pengelolaan dan persaingan dan teknologi informasi(TI) adalah salah satu perubahan tersebut. Seperti PT lainnya, STMIK Indonesia Padang sebagai salah satu unit kerjanya tidak terlepas dari kecendrungan ini. Rencana Strategis PT ini menyebutkan visinya untuk menjadi PT nomor satu di sumatera tahun 2018.
Sering dengan kemajuan teknologi di berbagai bidang, seakan-akan tidak pernah ada untuk mempelajarinya. Dari hari ke hari kemajuan teknologi yang terus berkembang adalah salah satunya komputer. Komputer merupakan sarana untuk melupakan pekerjaan dengan cepat dan efisien, aplikasi dalam bidang penjualan salah satunya adalah pendataan inventori barang. Inventori barang setiapnya mengalami perubahan seiring dengan lakunya penjualan barang. Oleh karena itu, di perlukan suatu perorganisasian yang lebih baik.
Pengorganisasian merupakan keseluruhan proses pengelompokan alat-alat, tugas-tugas, wewenang dan tanggung jawab, sehingga tercipta kesatuan yang utuh dan bulat dalam rangka pencapaian tujuan yang di tentuakan
Minimarket merupakan salah satu bentuk dari organisasi yang didalamnya terdapat kegiatan jual beli barang, dimana semunya berada di bawah tanggung jawab pada seorang manager.
Segala kegiatan yang berlangsung tidak bisa diminitoring secara keseluruhan tanpa adanya suatu pengorganisasian yang tepat. Untuk itulah pengorganisasian dengan perancang aplikasi yang ada dapat menjawab pertanyaan yang muncul.
Tujuan
Pengolahan data secara elektronik memudahkan  pekerjaan user dalam aktifitasnya dan dapat menghasilkan output secara cepat dan akurat. Hal ini membuat pemakalah menyalurkan idenya untuk membuat aplikasi Minimarket dengan tujuan untuk membantu user dalam mengelola data barang secara elektronik  dan bagi pemakalah sendiri hal ini merupakan penerapan ilmu pengetahuan yang didapat dari kampus maupun diluar kampus.



BAB II
PEMBAHASAN

Identifikasi kebutuhan pemakai

Kebutuhan pemakai terhadap system didentifikasi sebagai berikut:
  • System yang akan dibuat harus dapat membantu pekerjaan operasional pegawai, dan owner
  • System harus dapat dioperasikan terutama oleh kasir sebagai user utama dan owner serta pegawai lainya sesuai dengan kapasitas pekerjaan maasing-masing
  • System yang diperuntukan bagi kasir harus dapat di operasikan layaknya sebuah cash register atau point of sale
  • Data yang dimasukkan bagi system harus dapat langsung di input kan dari sumber asalnya dan harus dapat dibaca oleh pihak lain lain yang membutuhkan (pembeli)
  • System harus dapat menyimpan data barang berikut data suppliernya dari arsip yang dimilikI.
  • Semua data didimpan di pusat (centralized)
  • Dapat membuat laporan setiap kasir di setiap akhir kerjanya 
  • Terdapat laporan periodik (harian dan bulan) untuk owner berupa laporan penerimaan kas dan laporan rekapitulasi penjualan dari beberapa sisi yang telah di tentukan
  • Semua proses yang ada harus terintegrasi dalam sutu paket perangkat lunak aplikasi

Kriteria pemilihan teknologi perangkat lunak Minimarket

Lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk Perguruan Tinggi, sudah lebih cepat dan intensif dibandingkan sektor atau jenis intansi lainnya dalam menerapkan teknologi komputer dalam memberikan pelayanannya. Beberapa contoh diantaranya pemanfaatan sistem informasi kampus, sistem informasi kampus dll.

Fasilitas pengolahan data yang tersedia di intansi pendidikan saat ini merupakan hasil kemajuan teknologi dan kebutuhan untuk menjalankan operasi secara sistematis dan baik sesuai dengan kebutuhan akademik. Fasilitas tersebut berfungsi untuk menangani, memilih, menghitung, menyusun, melaporkan, dan mengirimkan informasi. Jadi penggunaan TI di kampus dimaksud adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan data kegiatan akademik sehingga dapat memberikan hasil yang akurat, benar, tepat waktu, dan dapat menjamin kerahasiaan informasi.

Sistem aplikasi computer yang digunakan dalam pengolahan koleksi karya ilmiah digital ini harus bisa mengakomodasikan semua kebutuhan. Hal ini memerlukan pemilihan software computer mengingat jenis software yang ada dan ditawarkan di pasar relative banyak.

Kriteria pemilihan software computer yang baik sesuai dengan kebutuhan Minimarket secara umum berdasarkan pertimbangan-pertimbangan berikut:

1. Kemampuan dokumentasi atau Penyimpanan Data
Jenis dan klasifikasi data Minimarket yang relative banyak harus bisa ditampung oleh software yang akan digunakan, termasuk pertimbangan segi keamanan datanya. Jumlah tbarang dan transaksi serta frekuensi dan jumlah transaksi harian yang besar memerlukan memory computer yang besar, selain memerlukan kecepatan prosesor yang tinggi juga

2. Keluwesan (Flexibility)
Operasional Minimarket selalu berkembang dengan kebutuhan yang berubah-ubah dan mungkin bertambah di kemudian hari walaupun informasi dasarnya tetap sama. Kondisi ini harus bisa diantisipasi oleh perangkat lunak computer sampai batas-batas tertentu. Setiap kampus mempunyai system dan prosedur yang mungkin berbeda meskipun data atau informasi dasar yang diolahnya sama. dan prosedurnya berbeda.

3. Sistem Keamanan
Sebagai tempat transaksi barang ini memerlukan system keamanan yang handal untuk menjaga kerahasiaan data dan mencegah penyalahgunaan data oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Software computer yang baik harus menyediakan fasilitas pengendalian dan pengamanan tersebut.

4. Kemudahan penggunaan (user friendly)
Pengertian mudah dioperasikan bukan berarti setiap pemakai (user) bisa mengakses ke software tersebut tetapi petugas yang memang mempunyai kewenangan mudah mengoperasikan proses yang menjadi tanggung jawabnya. Tahap input, proses, dan output yang dilakukan pada software tersebut tidak menjadi penghambat dalam kegiatan sistim pengolahan data Minimarket secara keseluruhan.

5. Sistem Pelaporan (Reporting system)
Data atau informasi yang dibutuhkan harus bisa disajikan dalam bentuk yang jelas dan mudah dimengerti. Pihak Minimarket memerlukan laporan-laporan yang lengkap dan jelas tersebut terutama dalam proses pemeriksaan (audit) atau penyajian laporan yang bisa dimengerti oleh pihak-pihak yang berkempentingan .

6. Aspek Pemeliharaan
Kinerja aplikasi koleksi MInimarket diharapkan relative stabil selama kegiatan akademik beroperasi. Kondisi ini memerlukan aspek pemeliharaaan yang baik, dalam arti secara teknis tidak sulit dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang relative mahal. Pemeliharaan ini juga menyangkut pergantian atau perbaikan teknis peralatan dan modifikasi atau pengembangan software.

7. Source Code
Software koleksi Minimarker biasanya merupakan program paket yang sudah di-compile sehingga menjadi excecutable file. File program tersebut relative tidak bisa dirubah atau dimodifikasi seandainya pihak Minimarket menginginkan perubahan atau fasilitas tambahan dari software tersebut.


8. Pengujian Aplikasi Minimarket

Pengujian dilakukan terhadap aplikasi untuk memastikan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan.. Pengujian yang digunakan pada aplikasi ini ada 2 (dua), yaitu teknik pengujian white box testing dan black box testing.
Cara pengujian dilakukan melalui dua tahap, yaitu pengujian alpha (fungsional) dan pengujian beta. Pengujian alpha berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Fungsi-fungsi yang diuji meliputi tombol-tombol menu dan output program dengan kasus yang benar dan kasus yang salah.

1.  Pengujian White Box
    Pengujian White Box mengetahui fungsi-fungsi yang ada pada p.lunak, pengujian dapat dilakukan untuk memperlihatkan bahwa masing-masing fungsi dapat beroperasi sepenuhnya.

    Ada beberapa teknik yang termasuk dalam pengujian white-box :
A.     Pengujian Basis Path
        Teknik yang memungkinkan si perancang test-case untuk mengukur kompleksitas logis dari desain prosedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan basis set dari jalur eksekusi. Test-case yang dibuat untuk menggunakan basis set tersebut dijamin untuk melalui setiap statement pada perangkat lun¬ak yang diuji.

       Langkah - langkah Pengujian Basis Path :
  • Dengan menggunakan desain program (program flowchar) atau kode program sebagai dasar, gambarkan sebuah grafik alir.
  • Tentukan jumlah jalur independen dari grafik alir dengan menggunakan Kompleksitas Siklomatis.
  • Tentukan sebuah basis set dari jalur independen.
  • Siapkan test case yang akan memaksa adanya eksekusi setiap basis set.

Kode penyimpanan

Kode program penyimpanan barang:

<?php
include "koneksi.php";
$kode_barang=$_POST['kode_barang'];
$nama_barang=$_POST['nama_barang'];
$satuan=$_POST['satuan'];
$jumlah=$_POST['jumlah'];
$harga_satuan=$_POST['harga_satuan'];
$harga_jual=(5/100 * $harga_satuan) + $harga_satuan;
$total=$jumlah * $harga_satuan;

mysql_query("insert into table_barang(kode_barang,nama_barang,satuan,jumlah,harga_satuan) values ('$kode_barang','$nama_barang','$satuan','$jumlah','$harga_satuan')");

//echo "<meta http-equiv=refresh content=1;url=/testing/?f=2>";

header("location:laporan_barang.php");

?>

Kode program penyimpanan karyawan:

<?php
include "koneksi.php";


$kode_krywn=$_POST['kode_karyawan'];
$nama_karyawan=$_POST['nama_karyawan'];
$jenis_kelamin=$_POST['jenis_kelamin'];
$alamat=$_POST['alamat'];
$telp=$_POST['telp'];
$ttl=$_POST['ttl'];
$email=$_POST['email'];


$insert=mysql_query("insert into karyawan (kode_karyawan,nama_karyawan,jenis_kelamin,alamat,telp,ttl,email) values ('$kode_krywn','$nama_karyawan','$jenis_kelamin','$alamat','$ttl','$telp','$email')");
echo "Data Telah Masuk";
header("location:lap_kary.php");
//header("location:/testing/?f=4");
?>

Kode program penyimpanan konsumen:

<?php
include "koneksi.php";


$kode_konsu=$_POST['kode_konsu'];
$nama_konsu=$_POST['nama_konsu'];
$jenis_kelamin=$_POST['jenis_kelamin'];
$alamat=$_POST['alamat'];
$pekerjaan=$_POST['pekerjaan'];
$no_telp=$_POST['no_telp'];
$email=$_POST['email'];


$insert=mysql_query("insert into konsumen values ('$kode_konsu','$nama_konsu','$jenis_kelamin','$alamat','$pekerjaan','$no_telp','$email')");
header("location:laporan-konsumen.php");
?>

Kode program penyimpanan return:

<?php
include "koneksi.php";

$id_return=$_POST['id_return'];
$nama=$_POST['nama'];

mysql_query("insert into return(id_return,nama) values('$id_return','$nama')");

//echo "<meta http-equiv=refresh content=1;url=/testing/?f=2>";

//header("location:laporan_barang.php");

?>

Kode program penyimpanan suplier:

<?php
include "koneksi.php";

$id_suplier=$_POST['id_suplier'];
$nama=$_POST['nama'];
$alamat=$_POST['alamat'];
$telp=$_POST['telp'];

$query="insert into suplier(id_suplier,nama,alamat,telp) values('$id_suplier','$nama','$alamat','$telp')";
$result=mysql_query($query);

//komentar
echo "data telah masuk";
header("location:laporan_sup.php");
            ?>
Pengujian Black Box
-    Mengetahui fungsi-fungsi yang ada pada p.lunak, pengujian dapat dilakukan untuk memperlihatkan bahwa masing-masing fungsi dapat beroperasi sepenuhnya.
-    Black box Testing adalah cara pengujian hanya dilakukan dengan menjalankan atau mengeksekusi modul, kemudian diamati apakah hasil dari modul itu sesuai dengan proses bisnis yang diinginkan.



BAB III

KESIMPULAN

Sistem informasi berbasis IT merupakan kebutuhan primer di era modern apa lagi sudah menjadi kebutuhan yang harus di penuhi pada perusahaan-perusahaan. Dengan informasi yang begitu banyak, dibutuhkan sistem informasi menejemen yang terstruktur dengan baik dan diolah dengan profesional. Diperlukan sistem yang baik dalam mengolah informasi pada Minimarket Karena pengolahan informasi sangat mempengaruhi hasil kerja, kemampuan dan efisiensi perusahaan atau kampus.

Keamanan sistem informasi pada aplikasi ini merupakan hal yang utama. Dikarenakan informasi karya ilmiah adalah informasi yang harus dilindungi intansi terkait dari penjahat.


DAFTAR PUSTAKA

-    Meisadri Refi, Nelly Indriani, Maret 2013, " Pemabangunan Game First Person Shooter 3D – Alien Hunter  ". Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Volume 2, No. 1
-    http://www.g-excess.com/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html


0 comments:

Post a Comment